Minggu, 26 Juni 2011

MANAJEMEN STRATEGIC SISTEM PENDIDIKAN

UJIAN SEMESTER
MATA KULIAH MANAJEMEN STRATEGIC
 SISTEM PENDIDIKAN
 (Dosen Pengampu: Prof.Dr. Yetty Sarjono, M.Si)









Nama                 :HANIK SHOFIA
NIM                    : Q. 100 100 065
Kelas                  : I D







PROGRAM PASCASARJANA
MAGISTER MANAGEMEN PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2011

 UJIAN SEMESTER
MANAJEMEN STRATEGIC SISTEM PENDIDIKAN

1.      Mengapa Managemen Sitem Pendidikan itu penting ?
Jawab :
Karena didalam MSDM didalamnya memuat
  1. Manajemen Sumber Daya Manusia yang didalamnya memuat :
1.       Tenaga Aducative
2.       Tenaga Administratif
3.       Tenaga Lab
  1. Manajemen Sumberdaya Sarana Prasarana yaitu berupa asset-aset yang dimiliki berupa :
1.       gedung
2.       Ruang Kuliah
3.       Laboratorium
4.       Perpustakaan
5.       Kendaraan
6.       Pemeliharaan, dll.
  1. Manajemen Keuangan/Finansial yang didalamnya memuat :
1.       Bagaimana memperoleh dana
2.       Bagaimana mengelola dan mengoperasikan dana tersebut
3.       Mempertanggungjawabkan sebagaimana prinsip-prinsip manajemen yang transparan.
  1. Manajemen Informasi
Yaitu menjadikan Insitusi Pendidikan sebagai bagian terdepan dalam hal pengembangan informasi dan perubahan-perubahan paradigma sesuai dengan misi pendidikan untuk pencerahan.
2.      a. Materi penting apa saja yang diperlukan oleh pendidikan
Jawab :
1.       Mendeteksi kekeliruan dan ilusi
2.       Prinsip keterkaitan pengetahuan
3.       Mengajarkan kondisi manusiawi
4.       Jati diri bumi
5.       Menghadapi ketidakpastian
6.       Memahami satu sama lain
7.       Etika Manusia
b. Mengapa diperlukan Repositioning sumber daya manusia strategis :
Jawab :
Karena dengan adanya Respositioning sumber daya manusia strategis yang didalamnya memuat adanya
1.      Perubahan
2.      Perubahan peran SDM
3.      Respositioning
4.      Kompetensi
5.      Peran SDM strategis
3.      Bagimana implikasi Proses Globalisasi dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional?
Jawab :
Bahwa di Era Globalisasi Sistem Pendidikan Nasional diharapkan terwujudnya adanya
a.       Desentralisasi Pengelolaan Pendidikan Nasional
b.      Pendidikan Dasar sebagai Basis Pengembangan SDM
c.       Pelatihan
d.      Pembinaan pendidikan menengah
e.       Manajemen Pendidikan Tinggi
4.      Masyarakat madani seperti apa yang diinginkan oleh bangsa Indonesia?
Jawab :
a.       Masyarakat Indonesia baru adalah masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
b.      Masyarakat demokratis berkeadaban.
c.       Masyarakat yang mengakui dan menjunjung tinggi HAM, kesetaraan, (egalitarianisme) yang tidak diskriminatif dalam berbagai segi.
d.      Masyarakat yang tertib dan sadar hukum.
e.       Masyarakat baru yang merupakan bagian dari masyarakat global, yang memiliki semangat, keahlian dan ketrampilan kompetitif namun tetap memiliki semangat solidaritas kemanusiaan universal.
f.       Masyarakat berkeadaban yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur.
g.      Masyarakat belajar yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat.

5.      Beri gambaran bagaimana pengaruh Ekonomi dan Teknologi terhadap dunia Pendidikan di Indonesia ?
Jawab :
Pengaruh ekonomi dan teknologi terhadap dunia pendidikan di Indonesia, adalah semakin kuat atau tinggi tingkat perekonomian masyarakat, semakin besar peluang pemanfaatan teknologi, dan semakin maju pula dunia pendidikan di Indonesia.
Menurut UUD 1945 Bab XIII Pasal 42, ayat 1 “Pemerintah dan Pemerintah Daerah mengalokasikan masing-masing 20% dari APBM untuk menyelenggarakan pendidikan nasional”. Sehingga jika alokasi dana tersebut dapat terpenuhi oleh pemerintah maka pendidikan nasional di Indonesia termasuk didalamnya teknologi akan terwujud.
Adapun yang tergolong pendidikan di Indonesia meliputi :
a)      Pendidikan sains : Ilmu pengetahuan sains berkembang dengan sangat pesat dan salah satu pondasi dari perkembangan tersebut adalah matematika.
b)      Pendidikan kreativitas : adanya informasi yang terbatas mmeungkinkan seseorang untuk menciptakan hal-hal yang baru, namun dapat juga menyebabkan seseorang tenggelam didalam timbunan informasi yang membingungkan, sehingga orang tidak dapat mengambil keputusan.
c)      Pendidikan digital : diseluruh dunia berkembang dengan pesat pendidian digital dengan menggunakan perangkat keras dari twknologi informasi serta perangkat-perangkat lunaknya.
d)     Pendidikan tinggi : Pendidikan tinggi semakin menonjol sebagai lembaga pemeliharaan, pengembangan, dan pelopor aplikasi ilmu pengetahuan serta membangun “research” university serta mengatasi masalah pengangguran sarjana, dengan konsep-konsep “Cooperativa Education” perlu dikembangkan dan disebar luaskan.

6.      Beri gambaran bagaimana Revolusi Pendidikan Indonesia dalam Wacana Pencerahan Sumberdaya Pendidikan?
Jawab :
a.       Adanya peran ganda dalam Pendidikan yaitu
                        1.      Pendidikan berfungsi untuk membina kemanusiaan (human being) bahwa pendidikan pada akhirnya untuk mengembangkan seluruh pribadi manusia, termasuk mempersiapkan manusia sebagai anggota masyarakat, sebagai warga negara yang baik, dan rasa persatuan (cohesiveness).
                        2.      Pendidikan berfungsi sebagai pengembangan sumberdaya manusia (human resaurses), yaitu mengembangkan kemampuannya memasuki era kehidupan baru.
b.      Peran strategis  Pendidikan dalam Pembinaan Persatuan Bangsa / masyarakat.
c.       Pentingnya kwalitas guru.
d.      Peran Pendidikan Tinggi.

7.      Berbicara mengenai kualitas Pendidikan di Indonesia tentu amat sangat menarik, ketika kita bandingkan dengan kualitas Pendidikan di negara lain yang lebih maju. Bagaimana diskursus mengenai permasalahan ini?
Jawab:
a)      Permasalahan system pendidikan nasional rendah
b)      Tingkat pendidikan masyarakat relatif masih rendah

c)      Dinamika perubahan struktur pendidikan belum sepenuhnya terakomodasi dalam pembangunan sistem pendidikan.
d)     Besarnya kesenjangan tingkat pendidikan
e)      Fasilitas pelayanan pendidikan belum tersedia secara merata
f)       Kualitas pendidikan relatif masih rendah dan belum mampu memenuhi kompetensi peserta didik
g)      Pendidikan tinggi masih menghadapi kendala dalam mengembangkan dan menciptakan IPTEK
h)      Perlu perspektif baru dalam manajemen pendidikan tinggi
i)        Manajemen system pendidikan belum menemukan formula yang efektif dan efisien
j)        Anggaran pembangunan pendidikan belum tersedia secara memadai
k)      menurunnya akhlaq dan moral peserta didik
l)        Masing rendahnya efisiensi internal sistem pendidikan
m)    Banyaknya sumber daya yang belum profesional
n)      Perlunya peningkatan pemerataan kesempatan pendidikan
o)      Relevansi pendidikan dengan pembangunan
p)      Peningkatan kualitas pendidikan
q)      Perlunya efisiensi pengelolaan pendidikan
r)       Perlunya peningkatan kualitas sumber daya manusia
s)       Desentralisasi pengelolaan pendidikan nasional.

8.      Bagaimana peran penting Pendidikan Tinggi ditengah globalisasi
Jawab:
Peran penting Pendidikan Tinggi ditengah era globalisasi adalah :
a.       PT memainkan peran penting dan sentral dalam membangun masyarakat berpengetahuan, tercermin pada munculnya lapisan kelas menengah terdidik dan kaum profesional yang menjadi kekuatan penentu kemajuan ekonomi.

b.      PT perupakan elemen pokok dalam menyokong ekonomi berbasis pengetahuan.
c.       Ilmu pengetahuan bukan saja sebagai investasi penting tetapi sekaligus faktor Determinan dalam proses produksi, sebaba aktifitas ekonomi lebih bersifat padat pengetahuan sehingga dukungan sumberdaya manusia menjadi sentral sedang ketergantungan terhadap SDM berkurang.
d.      teknologi komunikasi dan informasi berperan dominant mendukung aktifitas bisnis dan perdagangan global.
e.       Sebagai basis produksi Deseminasi dan Aplikasi ilmu pengetahuan serta inovasi teknologi.
f.       Perguruan Tinggi  berperan strategis dalam konteks pembangunan kapasitas dan peningkatan keahlian, kompetensi profesional, dan kemahiran teknikal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar